Rabu, 16 Maret 2016

Prak 02 – Camera Path, Lighting, and Material

1. Tujuan


Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. Alat

* Adobe Illustrator CC
* Maxon Cinema 4D R16

3. Bahan



4. Dasar teori

Perbedaan Motion Guide pada Flash dengan Camera Path
Motion guide adalah salah satu fasilitas dari flash yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat. Fasilitas ini merupakan lanjutan dari motion tween. Fasilitas ini sangat cocok digunakan untuk jenis animasi yang membutuhkan ketelitian dalam pergerakan yang dikehendaki atau sesuai keinginan. Sedangkan Camera Path memiliki fungsi untuk menggeser kamera. Terdapat dua jenis camera path, yaitu Track XY Camera dan Track Z Camera. Track XY Camera berfungsi menggeser titik kamera pada bidang XY ke kiri, kanan, atas, bawah. Track Z Camera berfungsi menggeser titik kamera menjauhi atau mendekati ke objek.

Physical Sky dan Area Light
Physical Sky pada cinema 4D berfungsi untuk mengatur keakuratan pada scene pencahayaan. Sangat mudah hanya dengan mengatur pengaturan tinggi dan letak sudut yang bisa menampilkan keakurasian pencahayan yang diinginkan. Sedangkan area light adalah teknik pemberian cahaya pada objek yang sedang dikerjakan sesuai dengan area yang dipilih. Lebih mudahnya lagi, kita hanya mengatur waktu yang kita inginkan, maka sistem akan langsung menyuguhkan background sesuai dengan keadaan waktu itu tersebut.

Material pada Cinema 4d
Material pada cinema 4D adalah teknik pemberian warna pada objek. Sebagai contoh penggunaanya adalah ketika pada praktikum ini saya akan memberikan warna pada logo atau objek yang saya buat dengan memasukkan beberapa unsur elemen yang ada pada material ini.

5. Tugas Praktikum

menambahakn camera path, physical sky dan area lighting animasi 360 dari logo favorit pada animasi sebelumnya

6. Hasil Praktikum

A. Pergerakan camera menggunakan Camera Path


B. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky


C. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light


D. Menambahkan Material




7. kesimpulan

Pada Praktikum kali ini, saya belajar banyak hal. Mulai dari Camera path, Physical light. Area Light. dan juga penambahan material yang berfungsi untuk pewarnaan pada object yang kita buat. Kesulitan yang saya hadapi adalah ketika mengatur area light yang pas agar sesuai dengan yang saya hendaki karena ada beberapa aspek yang harus diatur seperti penempatan cahaya yang pas dan pemilihan physical sky yang tepat.

8. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar